en id

Latest Airline Information

Penerbangan Langsung Banjarmasin - Makassar Mulai Dioperasikan

30 Oct 2016

kembali ke list


BANJARBARU - Masyarakat Kalimantan Selatan yang sering melakukan  perjalanan ke Makassar kini dapat bergembira karena Kalstar Aviation telah  membuka rute penerbangan langsung (direct  flight)Banjarmasin ke Makassar dan sebaliknya. Peresmian pembukaan rute baru ini berlangsung pada minggu malam, 30 Oktober 2016 oleh Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan didampingi General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan, dan Direktur Komersial Kalstar Aviation, Aditya Wardana di ruang  VIP Bandara Syamsudin Noor

Direktur Komersial Kalstar Aviation, Aditya Wardana menjelaskan bahwa  nantinya rute Banjarmasin Makassar ini menggunakan pesawat Jet Embraer 195  dengan kapasitas 118 tempat duduk. Target nya nanti akan membuka penerbangan antar  kabupaten/kota.

General Manager, Handy Heryudhitiawan dalam sambutannya menyampaikan "Terimakasih atas kehadiran Wakil Walikota Banjarbaru. Ini adalah dukungan pemerintah  terhadap dunia penerbangan. Potensi penumpang rute Banjarmasin - Makassar  rata-rata tiap hari cukup besar. Dari bulan Juli - September 2016 tercatat jumlah penumpang dengan tujuan Makassar mencapai 2900 - 3000 orang. Jika dulu harus transit di Balikpapan atau Kotabaru, sekarang bisa langsung." Ujarnya

Sementara itu Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan yang  diminta meresmikan rute penerbangan ini menyampaikan "Kami sangat bersemangat  dengan pembukaan rute ini karena memberi manfaat langsung bagi masyarakat  Kalsel dan Banjarbaru khususnya. Banjarbaru nantinya akan menjadi masa depan Kalsel  dengan berbagai potensi dan kelebihannya serta berbagai rencana pembangunan  yang dirancang oleh pemerintah daerah. Oleh karenanya peluang ini harus dibacaoleh setiap maskapai untuk membuka rute-rute bari dari dan menuju Banjarbaru." Katanya.

Dengan tingginya angka kunjungan melalui Bandara Syamsudin Noor,  Darmawan Jaya berharap nantinya Banjarbaru tidak hanya menjadi pintu gerbang  perlintasan orang tetapi bisa menjadi destinasi utama tujuan kunjungan, baikuntuk berwisata maupu untuk berbisnis. Darmawan Jaya yang juga memiliki  pengalaman dalam bisnis penerbangan tidak lupa mengingatkan agar maskapai diBanjarbaru selalu memperhatikan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan  pengguna jasa.

Peresmian rute penerbangan yang akan setiap hari terbang dari Banjarmasin Makassar dan sebaliknya ini semakin meriah dengan seremonial pemotongantumpeng, tepung tawar atau memercikan air ke badan pesawat untuk kelancaran  operasional menurut adat Kalsel serta  diakhiri  dengan pengalungan karangan bunga kepada pilot dan penumpang pertama yang mendarat di Bandara Syamsudin Noor pada pukul 20.00 wita.

Handy Heryudhitiawan menambahkan bahwa Bandara Syamsudin Noor masih siap menampung penumpang jika masakapai-maskapai lain ingin membuka rute baru. Untuk jumlah penumpang sendiri dari Januari hingga September 2016 Bandara Syamsudin Noor sudah melayani hampir 2,7 juta orang. Pembukaan rute baru oleh Kalstar ini diharapkan dapat merangsang maskapai lain untuk melakukan strategi peningkatan bisnis yang sama. (Humas BDJ)