en id

19 UMKM Kalsel Terima Bantuan Dana Pengembangan Usaha Bandara Syamsudin Noor

13 Apr 2017

kembali ke list


BANJARBARU (13/4/2017) – Bandara Syamsudin Noor mengawali triwulan kedua tahun 2017 dengan melancarkan salah satu program unggulannya yakni penyaluran bantuan dana pinjaman untuk pengembangan UMKM di Kalimantan Selatan senilai lebih dari 400 juta rupiah.  Bertempat di ruang rapat Kayuh Baimbai, penyaluran ini diserahkan kepada 19 mitra binaan yang meliputi 12 sektor industri, 1 sektor jasa, dan 6 sektor perdagangan.

Ruly Artha selaku Pts. General Manage menyampaikan suka citanya menyambut pemilik usaha yang senantiasa optimis berperan serta dalam memajukan UMKM mulai dari usaha Kue kering “Merpati”, Abon ikan, Toko emas Darus, Kurnia Beton, Toko Permata Antara, dan lain sebagainya.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi pelaku bisnis sekalian.  Selain mengurangi pengangguran juga diharapkan mampu mendukung  visi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi. Pinjaman kemitraan yang diberikan sendiri adalah dana bergulir dimana kelancaran pembayaran angsuran akan sangat mempengaruhi kelancaran program agar terus berjalan sehingga memberikan kesempatan bagi UMKM lain untuk berusaha. ” Ungkap Ruly Artha.

Lebih lanjut mengenai perkembangan atas dukungan manajemen dalam memajukan UMKM Kalsel, Ruly Artha menjelaskan “Dari tahun 1992 hingga 2016 Bandara Syamsudin Noor telah menyalurkan pinjaman kemitraan untuk 1.164 mitra binaan di delapan wilayah penyaluran dengan total nilai pinjaman mencapai lebih dari 23,8 miliar rupiah.” Tambahnya

Penyaluran tersebut terbagi untuk delapan sektor usaha diantaranya industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan lainnya.  Selain dukungan penuh untuk UMKM, Bandara Syamsudin Noor juga memiliki program bina lingkungan yang hingga tahun 2016 lalu mencapai 4,72 miliar penyalurannya. Realisasi pogram bina lingkungan diantaranya pembangunan posyandu Guntung Payung, Operasi katarak, sunatan masal, beasiswa Sampoerna Foundation dan masih banyak lainnya. Selain itu juga ada bantuan hibah senilai 1,05 miliar meliputi bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, peningkatan keseehatan, hingga bantuan sarana ibadah.

Mewakili seluruh perwakilan UMKM, Sohan, Pemilik Toko Permata Antara yang kali ini mendapat bantuan pinjaman terbesar menyampaikan “Saya sangat berterima kasih kepada Bandara Syamsudin Noor karena ini yang ketiga kalinya saya mendapat bantuan pinjaman untuk usaha. Hari ini mencapai 75 juta. Terima kasih atas pembinaannya selama ini dan juga telah menjadi konsumen kami. Kami makin optimis usaha akan tambah maju ke depannya.” ujarnya

Senada dengan Sohan, pemilik usaha Bandeng Resto Sinar Laut membagikan pengalamannya selama menjadi mitra Bandara Syamsudin Noor “Sebagai pengusaha ada tiga kunci utama yakni berdoa, disiplin, dan jujur. Pengalaman saya setiap hari menyisihkan agar dapat membayar angsuran ringan Bandara Syamsudin Noor dan syukurlah lancar.” Katanya. (Humas BDJ)