en id

Angkasa Pura I Raih Penghargaan “HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2018

04 May 2018

kembali ke list


Jakarta, 4 Mei 2018 – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan sebagai salah satu “Best Companies to Work for in Asia 2018 – Indonesia Chapter” yang diselenggarakan oleh majalah HR Asia - Business Media International yang berbasis di Malaysia. Piala penghargaan diserahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Hanif Dhakiri dan diterima langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia & Umum PT Angkasa Pura I (Persero), Adi Nugroho pada Gala Dinner Indonesia's Best Employers 2018 di Hotel J.W Marriot, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (4/5) malam.

"Penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2018 merupakan salah satu penghargaan prestisius di bidang manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan di Asia. Pencapaian ini juga merupakan hasil dari penerapan tata nilai perusahaan yang baik pada semua level di lingkungan Angkasa Pura I yaitu Sinergi, Adaptif, Terpercaya dan Unggul," ujar Direktur SDM & Umum  Angkasa Pura I, Adi Nugroho.

Penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan berdasarkan hasil survei HR Asia Employee Input Survey (EIS) dan HR Asia Workplace and Employe Engagement Survey (WEES). Laporan dan tabel penilaian hasil survei kemudian dijadikan pertimbangan oleh Dewan Juri yang merupakan tim independen yang terdiri dari pakar di industri human resources, akademisi, jurnalis dan perwakilan pemerintah. 

Dalam EIS, perusahaan kemudian disurvei dengan sample minimum 20 orang pekerja dengan latar belakang yang berbeda-beda dari sisi jabatan, usia, latar belakang etnis, level gaji, dan lokasi penugasan.  Survei ini dilakukan secara online dan dirahasiakan untuk mengetahui seberapa tingkat kepedulian pekerja terhadap pekerjaan dan tujuan perusahaan.

Sedangkan, WEES ditujukan untuk mengetahui tingkat keluar dan masuk pekerja, pertumbuhan pekerja, kecelakaan kerja, kemudian dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lainnya untuk dinilai oleh dewan juri. Survei tersebut harus ditandatangani langsung oleh Direktur SDM atau Direktur Utama untuk menjamin kebenaran data.

Pada penyelenggaraan tahun 2018  ini kegiatan  penghargaan  juga diadakan  di China, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Singapura. Penghargaan untuk Chapter Indonesia diikuti 210 perusahaan dengan jumlah reponden sebanyak 7.320 orang pekerja.

"Kami berharap raihan ini dapat menjadi suatu penyemangat bagi kami untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan kompetensi dalam pengelolaan SDM di lingkungan Angkasa Pura I," ujar tambah Adi Nugroho.