en id

Guna Meninjau Keamanan dan Keselamatan Bandara Syamsudin Noor Gelar Kegiatan Runway Safety Team

02 May 2019

kembali ke list


Banjarbaru (02/5) - Bandara Syamsudin Noor menggelar kegiatan Runway Safety Team pada tanggal 02 Mei 2019. Program yang diinisiasi oleh management angkasa pura dari unit airport Safety and Quality ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan yang ada di bandara syamsudin noor sehingga menghindari kejadian bahaya yang tidak di inginkan bagi pengguna bandara dan juga aparat yang bertanggungjawab terhadap bandara.

Acara yang dimulai  pukul 09.00 WITA ini juga melibatkan  pihak eksternal bandara seperti Lanud Syamsudin Noor, Perum LPPNPI, BMKG, Serta Arline ini berjalan dengan lancar. Adapun rangkain dari kegiatan terbagi tiga konsep pokok acara yaitu Eksposure, Site Inspection, dan Minute of Meeting.

Kegiatan dibuka oleh PTS. General Manager Surigata dalam pembukaannya mengungkapkan “Keselamatan dalam penerbangan adalah milik bersama dan segalanya, sesuatu kejadian telah menjadi tanggung jawab bersama tidak single factor melainkan multi factor. Besar harapan yang diutarakan agar keamanan dan keselamatan bandara dapat mempertahankan keamanan dan kenyamanan karena sejauh ini belum ada kendala yang berarti dan dalam tingkatan keamanan yang maksimal” ujarnya.

Selain itu, terdapat rangkaian kegiatan yaitu sosialisasi cara pengisian Form RST (Runway Safety Team) dan dilanjutkan dengan melakukan pengecekan runway menggunakan mobil Follow Me, Teknik Airside,  Comando, Patroli, serta SMS dan OSH. Kelancaran selama runway dipandu dengan koordinasi bersama pihak tower menggunkan media komunikasi HT agar tidak menggangu perjalanan Maskapai yang akan Take off ataupun Landing.

Selama dalam kegiatan inspeksi Runway Anggota tim RST dan Pihak Eksternal langsung mencoba membersikan kerikil ataupun benda – benda yang mengganggu keamanan bandara terutama bagi perjalan maskapai. Kegiatan selesai pukul 11.40 WITA dari hasil kegiatan Runway Safety  yang dilakukan hari ini pihak airport Safety and Quality akan mengevaluasi hasil dari kegiatan berupa saran dan masukkan yang sudah di berikan selama acara berlangsung.  (Humas BDJ)