en id

Kloter Pertama Haji 1438 H / 2017 Kalsel Diberangkatkan Dari Bandara Syamsudin Noor

30 Jul 2017

kembali ke list


BANJARBARU – Kloter pertama Haji 1438 H / 2017 asal Kalimantan Selatan mulai diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor pada 30 Juli 2017. Tepatnya pada pukul 13.45 wita, jemaah calon haji terbang dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 5101. Panitia yang terlibat diantaranya Kementerian Agama, Dishub Kalsel , Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Damri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Karantina Pelabuhan, Bea & Cukai, Imigrasi, TNI, POLRI, serta PT Gapura Angkasa. 

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan menjelaskan “Total jumlah jemaah calon haji yang akan diberangkatkan dari sebanyak 5.523 orang dengan rincian Haji Reguler Kalimantan Selatan sebanyak 3.900 orang serta dari Kalimantan Tengah sebanyak 1.623 orang. Untuk jadwal embarkasi atau keberangkatan periode 30 Juli hingga 25 Agustus 2017, sedangkan kepulangan atau debarkasi dimulai pada 9 September hingga 5 Oktober 2017.” ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menambahkan “Rombongan haji semuanya terbagi menjadi 17 kloter yang terbagi dalam 12 kloter haji reguler dan 5 kloter haji antara asal Kalteng.” lanjutnya. 

Pesawat Airbus 330-300 yang akan mengangkut penerbangan haji sendiri sudah mendarat sejak Senin 24/7 pagi di Bandara Syamsudin Noor pukul 05.19 wita. Pesawat terbang langsung dari Brussel Belgia selama 14 jam non stop yang kemudian standby di parkir stand nomor 5 R apron timur. Pesawat sendiri merupakan sewa dari maskapai HiFly Portugal.

Selanjutnya Handy menegaskan untuk kekuatan personil internal Angkasa Pura yang akan mendukung pelayanan haji tahun 2017 meliputi Airport Operation Departement 36 orang dan aviation security department 8 orang. Selain daripada itu manajemen juga telah memastikan kesiapan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan haji tahun 2017 ini dengan matang agar layanan haji menjadi aman dan lancar.

“Memang akan ada beberapa jadwal keberangkatan haji yang bersamaan dengan penerbangan regular. Kami sudah antisipasi dengan memanfaatkan maksimal ruang tunggu lantai 1 dan 2. Kami mohon doa dan dukungan agar pelaksanaan operasional haji 2017 embarkasi Banjarmasin dapat berjalan dengan lancar. Dan kesempatan ini kami mohon maaf bilamana pelaksanaan sedikit mengganggu dikarenakan jadwal yang bersamaan dengan penerbangan reguler “ jelas Handy Heryudhitiawan 

Sebelumnya, untuk memastikan operasional pelayanan Haji tahun ini berjalan lancar, Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose juga turun langsung mengecek mulai dari peralatan pemeriksaan jemaah di Asrama Haji, fasilitas runway serta gate 4 & 5 yang akan digunakan sebagai ruang transit jemaah calon Haji Antara asal Kalteng. Selain itu juga dilakukan simulasi masuknya bus haji ke sisi apron dan kesiapan runway. (Humas BDJ)