en id

14 UMKM Terima Bantuan Dana Usaha Tahap II Bandara Syamsudin Noor

07 Jul 2017

kembali ke list


BANJARBARU (10/7/2017) – Bandara Syamsudin Noor kembali melaksanakan program unggulannya untuk mengembangkan UMKM di Kalimantan Selatan yakni program penyaluran bantuan dana pinjaman senilai  total 450 juta rupiah untuk tahap II tahun 2017 ini (7/7/2017). Bertempat di ruang rapat Kayuh Baimbai, penyaluran ini diserahkan kepada 14 mitra binaan yang meliputi 2 sektor industri, 4 sektor jasa, dan 5 sektor perdagangan.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan dalam sambutannya menyampaikan “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi pelaku bisnis sekalian.  Selain mengurangi pengangguran juga diharapkan mampu mendukung  visi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi. Pinjaman kemitraan yang diberikan sendiri adalah dana bergulir dimana kelancaran pembayaran angsuran akan sangat mempengaruhi kelancaran program agar terus berjalan sehingga memberikan kesempatan bagi UMKM lain untuk berusaha. ” Ungkap Handy Heryudhitiawan.

Mewakili seluruh perwakilan UMKM, Siti Fatimah selaku Pemilik Toko Amplang Lina Banjarbaru menceritakan pengalamannya “Saya sebelumnya hanya mampu menyewa kios kecil. Sekarang saya bisa punya kios sendiri yang cukup besar. Pinjaman ini memberikan banyak kemudahan untuk mengembangkan usaha, bunganya sangat kecil sehingga tidak memberatkan usaha kecil dan tentunya lebih mudah pengembaliannya.” Terangnya

General Manager, Handy Heryudhitiawan pun menanggapi “Ini adalah contoh yang baik, kami harapkan semua mitra binaan bisa mencontoh Ibu Siti yang dapat memanfaatkan pinjaman dengan bijak, artinya benar-benar untuk mengembangkan usaha. Diharapkan juga pengembaliannya jangan sampai tidak lancar karena dana ini akan bergulir kembali kepada UMKM lain yang membutuhkan.” Kata Handy Heryudhitiawan.

Dari tahun 1992 hingga 2016 lalu Bandara Syamsudin Noor telah menyalurkan pinjaman kemitraan untuk 1.164 mitra binaan di delapan wilayah penyaluran dengan total nilai pinjaman mencapai lebih dari 23,8 miliar rupiah.

Penyaluran tersebut terbagi untuk delapan sektor usaha diantaranya industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan lainnya.  Selain dukungan penuh untuk UMKM, Bandara Syamsudin Noor juga memiliki program bina lingkungan yang hingga tahun 2016 lalu mencapai 4,72 miliar penyalurannya. Realisasi pogram bina lingkungan diantaranya pembangunan Posyandu Guntung Payung, Operasi katarak, sunatan masal, beasiswa Sampoerna Foundation dan masih banyak lainnya. Selain itu juga ada bantuan hibah senilai 1,05 milyar meliputi bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, peningkatan keseehatan, hingga bantuan sarana ibadah. (Humas BDJ)