en id

Bandara Internasional Syamsudin Noor Siap Wujudkan Mudik Ceria Penuh Makna

02 Apr 2024

kembali ke list


Banjarbaru – Siap hadapi momentum Mudik Lebaran 2024, Manajemen Angkasa Pura I gelar Posko Angkutan Udara Lebaran di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai hari ini, Selasa (02/04).

 

Posko ini digelar selama 16 hari terhitung mulai 03 – 18 April 2024, Bandara dengan kolaborasi dari TNI, Polri, Basarnas, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas Bandara lainnya.

 

“Pada kesempatan ini kami antusias memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan berkesan kepada para pengguna jasa. Manajemen Angkasa Pura I bersama stakeholder terkait telah melakukan serangkaian persiapan, program-program, dan terus berkoordinasi aktif untuk antisipasi adanya peningkatan jumlah aktivitas di Bandara maupun kondisi abnormal yang mungkin terjadi. Salah satu upaya kami adalah dengan menyelenggarakan Posko Angkutan Udara Idul Fitri 2024 yang beroperasi selama jam operasional Bandara yaitu pukul 06.00 – 23.00 WITA”, terang General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono.

 

Selama periode Mudik Lebaran 2024, persiapan terkait operasional telah disiapkan antara lain dengan pelaksanaan inspeksi keselamatan angkutan lebaran, pengecekan fasilitas berkala, Airport Security Committee, hingga persiapan para personel operasi. Manajemen Angkasa Pura I juga telah mempersiapkan sejumlah program terkait antisipasi keadaan darurat, accident, dan force majeur saat mudik lebaran berlangsung.

 

Selama penyelenggaraan Posko, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak 6% dari 139.122 penumpang menjadi 147.469 penumpang. Selain itu, terdapat pertumbuhan pada jumlah aktivitas pesawat dari 1.181 movements menjadi 1.228 movements atau sebesar 4%. Tidak ketinggalan, prediksi catatan positif juga terlihat dari kargo yang meningkat 5% dengan total 1.123.533 kg dari sebelumnya 1.070.031.

 

Puncak arus mudik pada periode ini diprediksi akan terjadi pada tanggal 07 April 2024 dengan 11.018 penumpang, sementara arus balik akan terjadi dengan total 11.620 penumpang pada 18 April 2024.

 

Dony menambahkan, “Harapan kami atas momentum mudik lebaran kali ini adalah para pengguna jasa dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman dengan aman, nyaman, dan berkesan menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor. Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan personel bandar udara yang siap melayani dengan optimal”. [VA]