en id

Bandara Syamsudin Noor Menjawab Saran Pengguna Jasa

03 May 2018

kembali ke list


Bandara Syamsudin Noor senantiasa berupaya untuk melibatkan suara pengguna jasa dalam peningkatan kualitas pelayanan yang masuk melalui saluran komunikasi resmi mulai dari website, email, hingga media sosial yang dapat dengan mudah diakses publik. Di triwulan pertama tahun 2018 ini Bandara Syamsudin Noor telah merealisasikan berbagai saran pengguna jasa yang sudah dapat dinikmati kenyamanannya saat ini diantaranya :

Peningkatan Kenyamanan 
Bandara Syamsudin Noor merealisasikan penambahan pemasangan enam fasilitas AC serta dua unit kompresor AC yang tersebar di ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan. Selain itu kini terkait perlunya penyediaan ruang merokok yang dinilai kurang memadai, kini sudah disediakan ruang merokok di ruang tunggu lantai 1 dan 2. 

Di samping itu, beberapa program beautifikasi atau pembenahan terminal seperti perapian area drop zone, penggantian cover ruang tunggu, renovasi toilet, perapian area tenant, penggantian keramik, penanaman rumput di area landside, penggantian rambu di terminal dan masih banyak lagi yang lainnya sebanyak total 15 pekerjaan kesemuanya kini sudah dapat dinikmati kenyamanannya oleh pengguna jasa Bandara Syamsudin Noor

Realisasi fisik pekerjaan beautifikasi sampai Maret 2018 itupun baru 72,71% dari total pekerjaan yang akan dilaksanakan. Artinya masih banyak lagi pembenahan yang akan dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan.

Keselamatan Penerbangan
Peningkatan keselamatan penerbangan telah diupayakan melalui program overlay runway, pemasangan dan instalasi lampu parimeter, penggantian approach light runway, pengadaan kendaraan ambulance, pengecatan dan pemeliharaan marka landasan, pekerjaan jalan akses PKP-PK runway 10-28, dan lainnya.  

Peningkatan Keamanan 
Menjawab saran dari pengguna jasa terkait pentingnya peningkatan pengawasan di area-area tertentu khususnya di area public dan customer service maskapai, kini program keamanan tersebut sudah terealisasi dan diharapkan meningkatkan rasa aman bagi pengguna jasa.

Fasilitas Khusus Difabel
Jika sebelumnya penumpang difabel hanya dapat meminta bantuan layanan personil maskapai terkait, kini pihak bandara akan semakin memudahkannya, bahkan dari penumpang turun di area parkir. Begitu turun dari kendaraan, mereka langsung dapat menghubungi contact center Customer Service (05114705277) untuk disediakan kursi roda sekaligus petugas untuk mengantar sampai ruang tunggu untuk kemudian diserah terimakan kepada petugas maskapai. 

Selain itu masih ada banyak fasilitas khusus lainnya seperti area parkir khusus, konter check in yang terpisah dengan penumpang lainnya, ruang tunggu khusus dengan akses langsung ke sisi udara sehingga mereka tak perlu lagi untuk menaiki tangga ke ruang tunggu lantai 2, serta tentunya toilet berkebutuhan khusus yang tersebar di berbagai titik mulai dari ruang tunggu keberangkatan gate 4 dan gate 5 serta ruang kedatangan. 

Penataan Lingkungan Hijau
Pembangunan taman di area bahu jalan raya tepatnya di depan terminal Bandara Syamsudin Noor untuk menciptakan area yang asri serta bersih telah selesai dilaksanakan di triwulan pertama tahun 2018.

Pemanfaatan Teknologi dalam Pelayanan
Bandara Syamsudin Noor telah resmi mengoperasikan fasilitas manless tol gate dan pembayaran menggunakan kartu uang elektronik (UNIK). Selain itu juga untuk menilai atau mengevaluasi kebersihan toilet sudah terpasang tab toilet survey di seluruh toilet yang tersedia. 

Hiburan 
Reading corner atau area membaca yang sebelumnya hanya ada di ruang tunggu keberangkatan lantai 1, saat ini dapat juga ditemukan di ruang tunggu keberangkatan lantai 2. Selain itu juga telah dilakukan penambahan sejumlah alat permainan di area bermain anak yang terletak di ruang tunggu lantai 2. Bahkan saat ini sudah dilakukan penambahan kid zone di ruang tunggu lantai 1. Fasilitas ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan selama menunggu waktu penerbangan tiba. 

Peningkatan Kompetensi SDM 
Pelatihan hospitality and customer service untuk meningkatkan pemahaman sekaligus ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan prima telah digelar pada bulan Januari 2018 bertempat di Fave Hotel Banjarmasin. Untuk menunjang kompetensi berbicara di depan umum juga telah dilaksanakan pelatihan public speaking pada bulan Februari 2018 di Hotel Jelita Bandara, Banjarbaru.