en id

Bandara Syamsudin Noor Tingkatkan Standarisasi Pelayanan Melalui Hospitality Training

26 Apr 2017

kembali ke list


BANJARBARU – Manajemen Bandara Syamsudin Noor menggandeng Bank BNI Cabang Banjarbaru sebagai upaya sinergi BUMN untuk optimalisasi peningkatan kompetensi khususnya dalam bidang Hospitality atau keramah tamahan personil Bandara Syamsudin Noor. Hospitality Training adalah program yang dipilih untuk mewujudkan sinergi tersebut. Diselenggarakan pada Rabu, 26 April 2017 di Parahyangan Resto, Banjarbaru, program berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar implementasi pelayanan prima terhadap pengguna jasa ini disambut antusias oleh peserta internal Bandara Syamsudin Noor.

Dalam kesempatan tersebut, Alfasyah selaku Shared Services Department Head Bandara Syamsudin Noor yang sekaligus membuka training menyampaikan “Sejalan dengan perkembangan industri hospitality di Indonesia, BUMN termasuk bandara juga dituntut untuk semakin mengedepankan kompetensi hospitality yang memiliki daya saing. Training ini adalah bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kompetensi personil dalam memberikan pelayanan terbaik.” Tuturnya.

Lebih lanjut, beliau menambahkan “Kami berterima kasih untuk BNI yang sudah berkenan berbagi pengalaman dengan kami. Meskipun bisnis kami berbeda namun kami yakin tujuan pelayanan kami sama. PT Angkasa Pura I sendiri memiliki moto pelayanan yang sering kami sebut 3S + 1C (Safety, Security, Service & Compliance). Setiap program kami berdasar pada empat hal tersebut.” ungkapnya

Menanggapinya, Winarso, Head of Service Quality BNI Cabang Banjarbaru yang juga bertindak sebagai salah satu pembicara menyambut positif upaya sinergi BUMN yang dilakukan oleh Bandara Syamsudin Noor yang ingin bersama membangun kepuasan pengguna jasa.

"Kami akan berbagi banyak hal terutama tentang pentingnya pelayanan prima sebagai dasar kepercayaan pengguna jasa untuk terus menggunakan jasa kami." tuturnya

Training ini diharapkan mampu mendorong pencapaian target Customer Satisfaction Index atau tingkat kepuasan pengguna jasa yang pada akhir bulan April hingga awal Mei 2017 nanti akan kembali dinilai oleh INACA (Indonesia National Carriers Association). Target tahun ini yang ingin dicapai adalah 4,20 atau naik dari target tahun lalu yang berhasil dicapai di angka 4,15.

Selain sebagai media peningkatan kompetensi akan pentingnya penerapan pelayanan prima, training ini juga dijadikan sebagai media diskusi bahkan mengkritisi pelayanan Bandara Syamsudin Noor untuk perbaikan ke depannya. Terlebih sejak diresmikannya contact center 172, maka personil Bandara Syamsudin Noor harus konsisten melayani setiap keluhan meski harus standby 24 jam. 

Training kolaborasi dengan BNI Cabang Banjarbaru ini semakin interaktif dengan ditambahkannya bermacam kuis, diskusi, hingga simulasi dalam menangani persoalan selama melayani pengguna jasa. (Humas BDJ)