en id

BUMN Mengajar Bersama Bandara Syamsudin Noor Hadir di SMK N 2 Banjarbaru

17 Oct 2016

kembali ke list


BANJARBARU - Program unggulan BUMN Mengajar oleh  Bandara Syamsudin Noor kembali hadir di tengah-tengah siswa sekolah menengah atas. Pada sesi dua ini SMK N 2 Banjarbaru adalah sekolah yang berkesempatan dikunjungi untuk diajak mengenal lebih dekat dunia penerbangan dan kebandarudaraan, khususnya di Indonesia. Diikuti oleh setidaknya seratus siswa  beserta guru, acara ini berlangsung meriah, terlebih didukung oleh banyaknya  hadiah menarik bagi yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.

Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ibu Sri Rahayu menyampaikan ungkapan terima kasihnya telah diberi kesempatan untuk belajar  tentang hal baru. "Kami sangat bangga sekali menjadi sekolah yang dipilih untuk  diberi pengarahan tentang kebandarudaraan dan penerbangan. Semua siswa diharapkan  fokus memperhatikan dan manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu baru." Ungkapnya.

BUMN Mengajar sendiri adalah program yang  diinisiasi oleh Kementrian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang  memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia juga menjadi bagian  dalam "Membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementrian BUMN dalam turut serta  mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan kepada generasi muda bangsa  Indonesia.

General Manager, Handy Heryudhitiawan membuka sesi  mengajar dengan membangun motivasi dan semangat para siswa akan pentingnya  bermimpi dan mewujudkannya. Tak henti-hentinya pemahaman mengenai pentingnya kepercayaan diri diberikan. Untuk menumbuhkan kecintaan siswa akan dunia  penerbangan, beliau pun menampilkan video demo safety instruction yang dikemas dalam bentuk modern dance sehingga mampu mengundang semangat siswa. Selanjutnya  beliau memaparkan mengenai perkembangan dunia  penerbangan dari masa ke masa ,profesi-profesi yang ada dalam dunia penerbangan, hingga kontribusi duniapenerbangan baik bagi penyerapan SDM maupun perekonomian dunia.

"Kami sangat senang berada di tengah-tengah  generasi penerus seperti kalian. Kami harap banyak di antara kalian yang  bermimpi menjadi pilot, air crew, teknisi bandara, dan lain sebagainya. Mari  belajar yang tekun dari sekarang, majukan dunia penerbangan dan kebandarudaraan  kita. Saat ini dunia penerbangan membutuhkan banyak SDM berkualitas.Diperkirakan Indonesia akan kekurangan 3000teknisi pesawat udara dengan pengalaman memadai pada 2019 (source : Indonesia Aircraft Maintenance Shop Association/IAMSA)." kata Handy Heryudhitiawan dalam  paparannya.

Lebih  lanjut, Handy Heryudhitiawan menambahkan "Di tahun 2034 nanti, diperkirakan Indonesia akan menjadi pasar dari 270 juta penumpang (International Air Transport Association  (IATA). Ini adalah kesempatan emas kita untuk berperan dan berkarir.  Percayalah kesempatan itu akan selalu ada." Lanjut Handy Heryudhitiawan.

Di setiap akhir sesi pemaparan, Handy Heryudhitiawan mengajak para siswa untuk bersantai sejenak, mengurangi ketegangan sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang dikemas dalam bentuk kuis berhadiah  menarik mulai dari powerbank hingga uang tunai.

Program yang berlangsung dari pukul 10.00 wita hingga 12.30 wita ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangkan dan bantuan fasilitas printer untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SMK N 2 Banjarbaru.

"Sepertinya masih banyak pertanyaan-pertanyaan siswa yang belum dapat terjawab karena waktu yang terbatas. Silahkan berkomunikasi dengan kami melalui  media sosial, kami akan sangat senang jika banyak diantara kalian yang tertarik  belajar tentang dunia penerbangn dan kebandarudaraan." Terang Handy  Heryudhitiawan (Humas BDJ)