en id

Pengamanan di Bandara Syamsudin Noor Diperketat

15 May 2018

kembali ke list


Banjarbaru (15/5) – Bandara Syamsudin Noor meningkatkan keamanan sebagai upaya antisipasi ancaman di ruang publik bandara pasca terjadinya peristiwa ledakan bom di Surabaya. Rapat koordinasi pun digelar untuk membahas sejumlah hal terkait upaya ini yang dihadiri oleh mitra kerja Bandara Syamsudin Noor mulai dari anak perusahaan PT Angkasa Pura I, pengelola maskapai, Pertamina, catering, dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya, General Manager Bandara Syamsudin Noor Wahyudi menekankan “Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama, kita harus duduk bersama untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dukungan TNI dan POLRI mutlak kita perlukan untuk pengamanan.” Ujarnya

Beliau juga menjelaskan penambahan pengamanan dari pihak Bandara Syamsudin Noor pun telah berjalan sejak Minggu, 13 Mei 2018 yang dilaksanakan berdasarkan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk memperketat pengamanan di seluruh bandara dan fasilitas penerbangan. Namun demikian, beliau mengajak kepada seluruh mitra kerja untuk berpartisipasi dalam pengamanan tersebut.

“Untuk hal-hal lain terkait keamanan, apabila melihat orang-orang yang dicurigai dan menemukan barang-barang yang ditinggalkan sengaja/tidak bertuan agar segera melaporkan kepada Airport Security dan pihak keamanan lainnya yang berada di sekitarnya.” Himbau Wahyudi.

Mitigasi keamanan di Bandara Syamsudin Noor yang tengah dilaksanakan yakni berupa penambahan personil keamanan TNI AU Sjamsudin Noor sebanyak 6 orang sedangkan Polres Banjarbaru sebanyak 5 orang. Mereka ditempatkan di sejumlah wilayah diantaranya main gate sisi udara, toll gate masuk kendaraan roda 4, patroli parimeter, patrol terminal kargo dan titik-titik strategis lainnya.

Terkait dengan pemeriksaan kendaraan secara random sejauh ini tidak mengganggu flow kendaraan. Manajemen Bandara Syamsudin Noor menghimbau kepada calon penumpang pesawat agar tiba di bandara lebih awal sebelum jadwal keberangkatan untuk mengantisipai potensi terjadinya penumpukan kendaraan masuk.

Dalam kesempatan yang sama, Manajemen Bandara Syamsudin Noor juga menyampaikan upaya-upaya lain yang sudah dilakukan untuk mendukung peningkatan keamanan mulai dari briefing dengan stakeholder, mengkoordinasikan dengan Pertamina untuk lebih ketat terhadap pemeriksaan dan penjagaan depo pengisian bahan bakar pesawat, peningkatan patroli di area antara Security Check Point 1 dan 2, serta memastikan lampu penerangan khususnya di area parkir memadai sehingga setiap pergerakan dapat terlihat dengan jelas. Selanjutnya manajemen akan menindaklanjuti laporan yang masuk terhadap hal-hal yang mencurigakan. (Humas BDJ)