en id

Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru, Bandara Internasional Syamsudin Noor Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

18 Dec 2020

kembali ke list


Banjarbaru – Jelang libur akhir tahun, Manajemen Angkasa Pura I siapkan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai hari ini, Jumat (18/12).

 

Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini digelar selama 18 hari terhitung sejak Jumat (18/12) hingga 4 Januari 2021. Posko ini merupakan kolaborasi dari gabungan formasi Manajemen Angkasa Pura I, TNI, Polri, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas bandara lainnya yang pembukaannya telah dilakukan pagi ini (18/12) di area posko.

 

“Kami harap melalui kolaborasi ini pelayanan kepada penumpang yang akan merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di kampung halamannya sampai dengan arus balik dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ucap General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Amiruddin Florensius

 

Selama periode Nataru ini, Manajemen Angkasa Pura I melakukan sejumlah persiapan mulai dari penerapan protokol kesehatan, fasilitas layanan, kesiapan personel operasional, hingga antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident, dan force majeur.

 

Mengingat kondisi pandemi saat ini masih berlangsung, Manajemen Angkasa Pura I melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor menerapkan protokol kesehatan di area bandara. Hal-hal yang dilakukan antara lain pembersihan fasilitas pelayanan dan keamanan terminal menggunakan desinfectant secara berkala, penerapan physical distancing di area terminal, penyediaan handsanitizer, pemberlakuan pengukuran suhu tubuh, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) dari personel, dan announcement protokol kesehatan di gedung terminal secara berkala.

 

Manajemen Angkasa Pura I juga bersiap dengan peningkatan arus penumpang dengan melakukan contingency plan untuk mengantisipasi permasalahan atau kondisi yang tidak normal selama periode libur bersama.

 

Pada periode libur akhir tahun ini, diprediksi puncak terjadinya arus keberangkatan pada hari Rabu (23/12) saat H-2 Natal sebanyak 6.311 penumpang. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Senin (3/1) atau H+3 Tahun Baru sejumlah 4.576 penumpang.

 

“Melalui Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru ini, kami bersinergi dengan pihak-pihak terkait dan bersiap dengan antisipasi kondisi yang tidak normal untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa bandar udara”, tandas Amir. [VA]