en id

Panduan Wisata

Loksado, Tempat Dimana Budaya Bertemu Dengan Pemandangan Alam Yang Menakjubkan

07 Sep 2017

kembali ke list


Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dimana budaya Dayak asli Dayak yang terawat dengan baik memenuhi pemandangan alam yang menakjubkan. Daerah ini merupakan area yang rimbun dihiasi dengan air terjun yang indah, sungai yang deras, dan budaya masyarakat pribumi yang mempesona. Bagian Kalimantan ini merupakan rumah bagi suku Dayak Meratus asli - sebuah kelompok sub etnis Dayak di Kalimantan yang menempati rumah tradisional yang disebut Balai. Saat ini, setidaknya ada 43 Balai  yang dapat ditemukan di 9 desa di Loksado. Balai adalah rumah kayu tradisional dengan puluhan kamar berukuran 3x4 meter dan ditempati oleh puluhan keluarga.

Tinggal dekat dengan alam, suku Dayak Meratus mempraktikkan Ritual Aruh Ganet yang berada di sekitar area pertanian. Yang sama menariknya dengan budaya Dayak eksotis adalah Pegunungan Meratus sendiri yang dipenuhi dengan kemegahan alam. Pemandangan yang rimbun dihiasi dengan air terjun yang menakjubkan, diantaranya adalah Air Terjun Haratai, Air Terjun Riam Hanai, Air Terjun Kilat Api, Air Terjun Rampah Menjangan, Air Terjun Anggar Pemandian Anggang, dan Air Terjun Tinggiran Hayam.

Ada juga Tanuhi Hot Spring dimana orang bisa menikmati air panas yang menyegarkan. Selain hutan tropisnya, daerah ini juga menyimpan harta lain di mana tanaman kantong semar (Nepenthes distillatoria) dan Anggrek Meratus yang endemik (Dendrobium hepaticum) tumbuh.

Fitur yang paling luar biasa dari kekayaan alam Loksado adalah Sungai Amandit yang membentang di beberapa pemandangan paling menarik di daerah ini. Sungai berkelok-kelok dengan air jernih yang segar yang dihiasi dengan bebatuan dan anak sungai dan jembatan tradisional yang unik yang menghadap ke perbukitan hijau Meratus yang subur tentu saja merupakan pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lain. Untuk melengkapi semuanya, Anda harus menikmati pemandangan yang indah dan sensasi luar biasa dari rakit bambu di sungai.

Bagaimana Menuju ke Sana?

Jalan raya membentang dari Banjarmasin ke Kandangan, tapi dari ibu kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan) jalannya cukup sempit. Tidak ada angkutan umum dari Banjarmasin atau tempat lain, kecuali dari Kandangan tapi ini tidak sering. Jika titik awal Anda adalah Banjarmasin, cara terbaik Anda untuk mencapai Loksado adalah dengan menyewa mobil dengan supir. Perjalanan itu sendiri akan memakan waktu sekitar 4-5 jam.

Sumber : http://www.indonesia.travel